Pengaruh Pemasaran Hubungan Pelanggan (Customer Relationship Marketing) dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Klinik Orchid Taman Aster Cikarang Barat

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Pemasaran Hubungan Pelanggan (Customer Relationship Marketing) dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Klinik Orchid Taman Aster Cikarang Barat

XML JSON

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menjamurnya bisnis klinik kecantikan dan perawatan kulit sehingga menyebabkan persaingan di dalamnya, oleh karena itu perusahaan harus meningkatkan kepuasan serta loyalitas pelanggan agar bisnis terus tumbuh, berkembang, dan mampu bersaing dengan bisnis lainnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisa seberapa besar pengaruh customer relationship marketing (CRM) dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan yang sudah pernah melakukan kunjungan lebih dari satu kali pada Klinik Orchid Taman Aster Cikarang Barat per Desember 2022 sebanyak 5.340 populasi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling sebanyak 372 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis).
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : Customer Relationship Marketing berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, Customer Relationship Marketing berpengaruh tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, Customer Relationship Marketing berpengaruh tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan, dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Bagus Iman Ramdhani - Personal Name
Student ID
02190013
Dosen Pembimbing
Dr. Kasidjo, MM - - Dosen Pembimbing 1
Candra Dwi Hardiana, S.Sos., M.Si - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yusril, S.E., Ak., M.M - - Ketua Penguji
Ali Mutaufiq, S.E., M.M - - Penguji 1
Novi Lestari, S.E.,M.E - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Manajemen
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit STIE Bisnis Internasional Indonesia Bekasi : Bekasi.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
081 RAM p
Copyright
STIE Bisnis Internasional Indonesia Bekasi
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail